KPU Bojonegoro Lacak Data Kematian di Kesra

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro melanjutkan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Selasa (27/04/2021) di Kantor Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bojonegoro. Kali ini agendanya melacak data penduduk yang telah meninggal dunia.

KPU Kabupaten Bojonegoro berkoordinasi dengan Kesra terkait data penduduk yang telah meninggal dunia. Hal ini diperlukan untuk sinkronisasi data TMS pemilih kategori meninggal. Dari data yang terkumpul sejak tahun 2020, setidaknya sudah terkumpul data kematian sebanyak 6.787 orang. Sampai dengan April 2021, data tersebut telah diverifikasi sebanyak 3.648 orang.

“Data tersebut diantaranya bersumber dari ahli waris bagi keluarga tidak mampu yang mengurus santunan kematian,” kata Sahari, Kepala Kesra Pemkab Bojonegoro dihadapan Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bojonegoro.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Bojonegoro memiliki program santunan kepada ahli waris tidak mampu yang meninggal dunia, dengan diberi bantuan biaya sebesar Rp. 2.500.000,-. Bantuan tersebut diberikan setelah ahli waris menyerahkan dokumen persyaratan diantaranya akte kematian.

Ditambahkan Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muchlisin, bahwa data tersebut sangat diperlukan bagi KPU terkait kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang harus diperbarui tiap bulan. “Penduduk yang sudah meninggal kami coret, sedangkan yang baru memiliki KTP elektronik akan kami masukkan ke Daftar Pemilih,” jelasnya.

Pelacakan data penduduk yang telah meninggal merupakan salah satu agenda koordinasi dengan instansi terkait yang dituntaskan KPU kabupaten Bojonegoro di bulan ini. (mit/rin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register