Bupati Bojonegoro Jajal Purwarupa e-Voting di KPU Bojonegoro

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah dalam kunjungannya ke KPU Kabupaten Bojonegoro, menyempatkan diri menjajal purwarupa e-voting, Senin (22/03/2021). Di ruang Kearsipan, KPU Kabupaten Bojonegoro telah menyiapkan sejumlah instrumen pendukung purwarupa e-voting.

Kebutuhan akan Pemilu yang lebih efisien dan memudahkan para Pemilih, membuat gagasan penerapan Pemilu berbasis digital, layak dipertimbangkan. Hal inilah yang mendorong KPU Kabupaten Bojonegoro berinisiatif mempersiapkan instrumen e-voting seperti komputer, pemindai barcode, bilik suara, kotak suara, dan tinta.

Dalam kunjungannya ke KPU Kabupaten Bojonegoro, Bupati Anna Mu’awanah berkesempatan menjajal purwarupa e-voting. Bupati tampak antusias mengikuti alur penggunaan e-voting yang dijelaskan secara ringkas oleh pemandu tur e-voting. 

Tahap pertama adalah pendataan pemilih. Setelah pemilih terdaftar, lalu dicetakkan kartu undangan memilih yang dibubuhi barcode. Setelah itu, undangan ber-barcode tersebut dibawa ke meja pendaftaran untuk mengecek apakah benar orang tersebut sudah terdaftar atau belum, dan apakah orang tersebut sudah pernah memilih atau belum. Jika belum pernah memilih, maka akan muncul keterangan “Belum pernah memilih, Silakan menunggu untuk dipanggil petugas”. Apabila sudah pernah menggunakan surat undangannya untuk memilih, nanti akan muncul keterangan nama pemilih dan NIK sudah pernah memilih, sehingga tidak bisa masuk ke bilik suara.

Apabila belum pernah memilih, secara otomatis akan diarahkan ke bilik suara. Dalam bilik suara, barcode tersebut akan dipindai lagi. Setelah itu, akan muncul tampilan pilihan kandidat, lalu pemilih tinggal memilih salah satu gambar kandidat. Kemudian akan muncul verifikasi “Apakah anda yakin memilih nomor sekian?”. Apabila memilih opsi “YA”, maka otomatis akan keluar tanda terima. Selanjutnya tanda terima tersebut dimasukkan ke dalam kotak suara.

Setelah itu, pemilih akan keluar dari bilik suara dan mencelupkan ujung jarinya pada tinta yang telah disediakan. Hasilnya akan bisa dilihat secara langsung setiap 30 menit sekali untuk menjaga kerahasiaan proses pemberian suara.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman menyampaikan bahwa tujuan ujicoba purwarupa ini sebagai sarana edukasi masyarakat tentang teknologi pemilu.”Kami sengaja menghadirkan instrumen ujicoba e-voting ini untuk menambah wawasan masyarakat. Selama ini kita terbiasa dengan sistem coblos di TPS, nah melalui e-voting, kita hanya perlu menyentuh panel komputer,” katanya. (mit/rin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register