KPU Bojonegoro Tuntaskan Laporan PDB

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menuntaskan penyusunan laporan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2020. Laporan ini merupakan rangkuman kegiatan PDB selama setahun, Kamis (18/02/2021) 

Amanat KPU RI yang tertuang dalam Surat Edaran nomor: 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 untuk melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, telah dituntaskan KPU Kabupaten Bojonegoro sepanjang tahun 2020. Dalam kurun waktu tersebut, telah banyak kegiatan yang diupayakan agar data yang terkumpul semakin valid.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Muchlisin, menyampaikan beberapa metode yang digunakan dalam kegiatan PDB ini. “Pertama, kami melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait. Kedua, kami memanfaatkan media sosial dan media online. Ketiga, kami memasang banner dan roll banner sebagai sarana sosialisasi di sejumlah kampus dan sekolah menengah,” katanya.

Kerjasama dengan stakeholder terkait antara lain melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bojonegoro, Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bojonegoro, Kantor Kementerian Agama kabupaten Bojonegoro, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro-Tuban, serta Bawaslu Kabupaten Bojonegoro.

Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pelaporan mandiri terkait PDB tahun 2020, KPU Kabupaten Bojonegoro melakukan sosialisasi melalui media sosial dan laman KPU Kabupaten Bojonegoro, untuk memudahkan masyarakat yang ingin melaporkan perubahan data pemilih. Penyebaran informasi selain website, juga dilakukan melalui media sosial lainnya seperti facebook, instagram, dan twitter.

Sedangkan pemasangan banner dan roll banner dikemas dalam satu paket dengan kegiatan KPU Dolan Ning Kampus, dimana KPU Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan beberapa kampus/sekolah menengah untuk mengisi acara. Namun karena kondisi pandemi, maka sebagian besar kegiatan dilakukan dengan cara pemasangan roll banner di kampus/Sekolah yang didatangi KPU Kabupaten Bojonegoro. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register