Evaluasi Sirekap Sebagai Upaya Pengembangan Teknologi Pemilu

Bandung, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia) KPU RI menggelar Rapat Evaluasi Sirekap (Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara) Pemilihan 2020 di Bandung, Jumat (05/02/2021).

Dikutip dari laman Youtube KPU RI, agenda rapat evaluasi tersebut antara lain untuk memetakan persoalan yang dihadapi pada pelaksanaan Sirekap Pemilihan 2020. Dalam kesempatan tersebut, Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan harapannya agar Sirekap dapat menjadi instrumen penghitungan resmi dalam Pemilu/ Pemilihan Kepala Daerah selanjutnya.

“Dengan adanya Sirekap ini, kita menginginkan masyarakat mengetahui seluruh proses hasil rekapitulasi, yang merupakan bagian dari tahapan yang paling krusial dalam penyelenggaraan Pemilu/ Pemilihan Kepala Daerah,” katanya.

Menurut Ilham Saputra, hal yang perlu diperhatikan adalah payung hukum dan kepastian dari penggunaan Sirekap. Persoalan ini berkaitan dengan diperlukannya revisi Undang-Undang sebagai acuan penggunaan aplikasi Sirekap kedepan, serta kepastian digunakannya aplikasi ini agar didapatkan hasil penyelenggaraan Pemilu yang transparan, tepat hasil, cepat, dan dapat membawa penguatan demokrasi bagi Indonesia.

Sementara itu, Team Leader Konsultan IT dari ITB, Gusti Ayu Putri, mengatakan bahwa literasi tentang tingkat keamanan Sirekap perlu disampaikan pada masyarakat untuk membangun kepercayaan terhadap penggunaan Sirekap.

“Bahwa jejak digital ditambah dengan Security Technology itu bisa menjamin keaslian, jauh lebih terjamin daripada menggunakan kertas,” ujarnya. (mit/rin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register