KPU Bojonegoro Ikuti Bimtek PDB Triwulan IV di Probolinggo

Probolinggo, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro mengikuti Bimbingan Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan IV yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur di Ruang Pertemuan Tengger Lantai 4 Pemkab Probolinggo, Selasa (01/12/2020).

Bimtek dibuka oleh Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Provinsi Jawa Timur, Nurul Amalia. Disebutkan oleh Nurul Amalia bahwa KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara kontinyu dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Kerjasama dengan Pemda maupun kampus atau instansi lain perlu ditingkatkan untuk menggali sumber data bagi pemutakhiran data pemilih,” katanya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan PDB dilaksanakan KPU Kabupaten/Kota setiap sebulan sekali dan dilaksanakan tiga bulan sekali di tingkat provinsi. Kedepan, diharapkan kegiatan PDB memiliki payung hukum berupa Peraturan KPU (PKPU).

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Bojonegoro, Muchlisin melihat kegiatan ini sebagai langkah awal bagi KPU untuk menyusun data pemilih yang komprehensif. “Kegiatan PDB seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mulai membangun sistem daftar pemilih yang lebih akurat pada Pemilu selanjutnya,” ujarnya.

Bimtek PDB Triwulan IV ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 1 sampai 2 Desember 2020. Peserta yang hadir antara lain Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Kasubbag Program dan Data, serta Operator Sidalih dari 19 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register