KPU Bojonegoro Hadiri Simulasi Tungsura Dengan Prokes di Ponorogo

Ponorogo, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menghadiri undangan KPU Kabupaten Ponorogo dalam rangka Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Serta Penggunaan Sirekap di Tingkat TPS Dalam Pemilihan Serentak 2020, Sabtu (21/11/2020).

Menjelang pelaksanaan Pemilihan serentak 9  Desember mendatang, KPU Kabupaten Ponorogo menggelar Simulasi  Tungsura dengan protokol kesehatan sekaligus menjajal efektivitas Sirekap di tingkat TPS. Kegiatan ini diselenggarakan di Tambak Kemangi Resort dan mengundang 8 KPU Kabupaten/Kota di sekitar Ponorogo.

Sebagaimana disampaikan Miftahur Rozaq, Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur, kegiatan ini bertujuan agar penyelenggara, peserta, dan pemilih memahami prosedur, tata cara pemungutan dan penghitungan suara sesuai prokes. “Dimulai dari kedatangan pemilih di TPS. Mereka di cek suhu tubuh, lalu melakukan absensi kehadiran. Kemudian pemilih menunggu panggilan dan diberikan sarung tangan plastik. Setelah itu melakukan pencoblosan seperti biasa di bilik suara,” ujarnya.

Terkait Sirekap, meskipun tidak menjadi instrumen utama dalam rekapitulasi suara, namun setidaknya bisa menjadi pembanding atas hasil rekapitulasi manual. “Dengan demikian informasi terkini bisa diakses lebih cepat dari TPS sampai tingkat Kabupaten,” kata Fatma Lestari, Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Bojonegoro yang turut menghadiri kegiatan ini. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register