Beri Materi Pendidikan Politik, Fatma Soroti Peran Parpol

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro Divisi Teknis Penyelenggaraan, Fatma Lestari diundang DPD Partai Nasdem Bojonegoro untuk menjadi narasumber kegiatan pendidikan politik di Hotel Aston Bojonegoro, Rabu (11/11/2020).

Selama kurang lebih 40 menit, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Fatma Lestari, mengisi materi pendidikan Politik yang digelar DPD Partai Nasdem Bojonegoro di Hotel Aston Bojonegoro. Pada kesempatan itu, Fatma memaparkan peran partai politik (parpol) dalam penyelenggaraan Pemilu yang aspiratif dan demokratis. Sebagaimana diketahui, di Indonesia, parpol berperan sebagai pilar penyangga demokrasi. “Dalam artian, bahwa keberadaan demokrasi tanpa adanya parpol adalah sebuah situasi kekuasaan tanpa legitimasi,” katanya.

Adapun peran parpol selanjutnya adalah wadah seleksi kepemimpinan nasional dan daerah. “Baik buruknya sebuah parpol, akan berdampak pada baik buruknya sebuah bangsa. Hal ini karena jabatan-jabatan dalam sebuah negara akan diisi oleh orang-orang dari parpol melalui Pemilu,” ujarnya.

Dihadapan para kader dan undangan, Fatma melanjutkan pemaparan tentang prasyarat Pemilu agar bisa dikatakan aspiratif dan demokratis. Pertama, penyelenggara Pemilu harus independen. Kedua, Pemilu harus bersifat kompetitif, artinya peserta Pemilu harus bebas dan otonom. “Ketiga, Pemilu harus inklusif artinya seluruh kelompok masyarakat memiliki peluang yang sama untuk berpartisipasi dalam  Pemilu,” pungkasnya. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register