KPU Bojonegoro Ikuti Simulasi Nasional Sirekap di Kabupaten Kediri

Kediri, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro memenuhi undangan KPU Kabupaten Kediri dalam rangka simulasi pemungutan dan penghitungan suara menggunakan aplikasi Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara) secara nasional. Sabtu (31/11/2020).

Penggunaan teknologi dalam Pemilu maupun Pemilihan serentak merupakan keniscayaan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam sambutannya pada pembukaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara menggunakan aplikasi Sirekap. Instrumen ini digagas oleh KPU RI sebagai adaptasi dari Pemilihan serentak yang digelar ditengah pandemi serta penerapan protokol kesehatan.

Rekapitulasi secara elektronik ini diharapkan mempersingkat durasi tahapan penghitungan suara, serta meminimalisir kesalahan penghitungan dan rekapitulasi suara. Jika sebelumnya KPPS harus membuat salinan hasil pemungutan dan penghitungan suara, maka dalam sistem e-rekap ini, KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) cukup mengambil foto hasil rekap. Mekanismenya, Petugas KPPS melakukan foto hasil penghitungan suara di TPS, kemudian aplikasi Sirekap akan mengonversi foto tersebut ke format PDF. Selanjutnya, hasil PDF tersebut dikirim ke server KPU pada hari yang sama. “Dari situlah data secara otomatis terekap,” kata Arief Budiman.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan 23 Ketua KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Pada simulasi yang digelar di halaman KPU Kabupaten Kediri tersebut, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota diposisikan sebagai KPPS. Nantinya Anggota KPPS yang akan memotret hasil perolehan suara di TPS dan mengunggahnya melalui aplikasi Sirekap.

Di akhir kegiatan, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman, menyampaikan harapannya. “Semoga Sirekap ini menjadi awal yang baik bagi perubahan penyelenggaraan Pemilu dari manual ke digital, sehingga hasilnya semakin efektif dan efisien,” ujarnya. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register