KPU Bojonegoro Hadiri Rakor Mekanisme PAW Anggota DPRD Kabupaten/Kota Se-Jatim

Madiun, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menghadiri undangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait rapat koordinasi dalam rangka usulan Penggantian Antar waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur tahun 2020 di Aston Hotel Madiun, Kamis (22/10/2020).

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di Madiun ini merupakan kegiatan yang diprakarsai Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Timur. Acara digelar selama dua hari dari tanggal 22 sampai 23 Oktober 2020. Adapun undangan yang menghadiri rakor antara lain Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Bagian Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, dan Ketua KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Acara dibuka sekira pukul 19.30 WIB oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jawa Timur. Usai sambutan, para undangan menyimak pemaparan materi dari beberapa narasumber. Pada sesi pertama, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, menyampaikan materi terkait mekanisme usulan PAW pimpinan dan anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sesi berikutnya disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam. Dijelaskan dalam pemaparannya, bahwa KPU akan memproses jika ada surat permintaan PAW dari Pimpinan Dewan. “Itupun PAW tidak bisa dilaksanakan apabila sisa jabatan anggota Dewan yang digantikan kurang dari enam bulan terhitung dari pengajuan PAW yang diterima KPU,” katanya.

Rakor hari kedua ditutup dengan penyampaian materi terkait tata cara pengajuan dan tahapan peradilan bagi pimpinan dan anggota DPRD yang terkena masalah hukum, dari Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur. 

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman, menyampaikan kesimpulan dari kegiatan rakor kali ini. “Pelaksanaan penetapan PAW tetap berpedoman pada ketentuan dalam PKPU,” ujarnya. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register