KPU Bojonegoro Hadiri Bimtek Pengembangan JDIH

Sidoarjo, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro berkesempatan hadir dalam rapat koordinasi penataan dan penyediaan dokumentasi dan informasi produk hukum serta bimbingan teknis Pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di Kantor KPU Kabupaten Sidoarjo, Selasa (20/20/2020).

Bersama 37 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, KPU Kabupaten Bojonegoro menghadiri rakor JDIH yang diprakarsai KPU Provinsi Jawa Timur. Rakor berlangsung selama dua hari, dari tanggal  20 sampai dengan 21 Oktober 2020. Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam, mengungkapkan komitmen KPU Jawa Timur untuk menjadi penyelenggara Pemilu dan Pemilihan yang profesional, terkait  upaya penyediaan informasi produk hukum. “Pada tahun 2019 KPU RI telah menorehkan prestasi sebagai JDIH terbaik dalam kategori lembaga non kementerian. Semoga kita bisa terus mempertahankannya, dengan menjadi penyedia JDIH yang produktif,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Choirul Anam menyampaikan bahwa Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU menjadi salah satu parameter keberhasilan dalam penilaian JDIH. Selain itu, sistem rekapitulasi elektronik (e-rekap) yang merupakan inovasi KPU pada Pemilihan 2020, memungkinkan proses rekapitulasi suara tak lagi berlangsung secara manual dan berjenjang. Hal ini menjadikan informasi dapat diakses secara cepat dan akurat.

Usai pembukaan, para peserta rakor menyimak materi  dalam tiga sesi yang disampaikan narasumber dari Biro Hukum KPU RI, Insan Qoriawan (Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jawa Timur), dan Arbayanto (Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jawa Timur). 

KPU Kabupaten Bojonegoro yang diwakili Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Robby Adi Perwira, menyampaikan sebagian agenda kegiatan ini. “Kami sharing sejauh mana JDIH diaktifkan dan dikembangkan di masing-masing Kabupaten/Kota,” katanya. (mit/pin)

 

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register