RKDK Hanya Digunakan Untuk Kebutuhan Kampanye

Jakarta, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Dalam rangka konsultasi dengan DPR dan Mendagri, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengajukan usulan revisi rancangan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2020, Senin (24/08/2020)

Berdasarkan ketentuan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, KPU RI perlu melakukan konsultasi dengan Komisi II DPR dan Pemerintah terhadap rancangan PKPU yang akan disahkan, Terkait hal tersebut, KPU RI mengusulkan perubahan rancangan PKPU Nomor 5 Tahun 2017 tentang ketentuan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK), dimana KPU RI menegaskan bahwa RKDK hanya dipergunakan untuk kebutuhan kampanye, sehingga menghindari RKDK digunakan untuk transaksi diluar kebutuhan kampanye. Dengan demikian, pasangan calon wajib menutup RKDK dan melaporkannya pada KPU maksimal 2 hari setelah berakhirnya masa kampanye.

Selain itu, pemaknaan laporan sumbangan dana kampanye dan pengeluaran dana kampanye adalah LADK (Laporan Awal Dana Kampanye), LPSDK (Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye), dan LPPDK (laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye), sehingga dikategorikan sebagai suatu kesatuan laporan dana kampanye yang akan diaudit oleh KAP (Kantor Akuntan Publik) yaitu Laporan Dana Kampanye.

Terkait PKPU Nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Covid-19 , KPU RI mengemukakan isu strategis pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon. Terkait isu tersebut, KPU RI mengusulkan agar dalam rangkaian tes kesehatan pasangan calon, dimasukkan juga swab test untuk memastikan implementasi protokol kesehatan. “Swab test dilakukan sebelum pelaksanaan cek kesehatan. Apabila hasilnya positif, maka harus melaksanakan isolasi mandiri, setelah itu baru dilakukan swab test berikutnya,” kata Hasyim Asy’ari, salah satu anggota KPU RI yang hadir dalam konsultasi kali ini. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register