KPU Konsultasikan Perubahan Rancangan PKPU Terkait Metode Kampanye Sesuai Protokol Kesehatan

Jakarta, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengajukan usulan perubahan rancangan Peraturan KPU (PKPU) terkait pelaksanaan tahapan Pemilihan di masa pandemi, Senin (24/08/2020)

Forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR, Bawaslu, dan Kementerian Dalam Negeri kali ini difokuskan membahas rancangan PKPU tentang penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan isu strategis yang perlu mendapatkan masukan dan saran dari Komisi II DPR dan Pemerintah,” kata Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Adapun isu strategis yang dimaksud adalah empat revisi rancangan PKPU antara lain, PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan, PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye, PKPU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye, serta PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan dalam Kondisi Bencana Non-alam Covid-19.

Terkait revisi rancangan PKPU Nomor 3 Tahun 2017, terdapat perubahan pasal tentang syarat pencalonan, pendaftaran Bakal Pasangan Calon, Penetapan Pasangan Calon, Sanksi Pasangan Calon, serta bentuk dan jenis formulir yang digunakan dalam pencalonan. Misalnya, pasal 4 ayat (1) huruf p angka 2 yang mengatur tentang persyaratan calon, disyaratkan belum pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur bagi calon Bupati, calon Wakil Bupati, dan calon Walikota atau calon Wakil Walikota di daerah yang sama. Pasal ini dihapus untuk mengakomodir Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 6P/HUM/2020.

Sedangkan pada PKPU Nomor 4 Tahun 2020, lebih banyak disinggung tentang metode kampanye yang mengutamakan protokol kesehatan. Misalnya pertemuan terbatas, tatap muka maupun dialog diselenggarakan oleh Parpol, gabungan Parpol, Pasangan Calon, atau Tim Kampanye dengan ketentuan membatasi jumlah pertemuan yang hadir, mengatur jarak, diadakan di ruangan tertutup, dan mengupayakan metode kampanye dalam bentuk daring. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register