Bawaslu Bojonegoro Hadiri Pleno Terbuka Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro menghadiri undangan rapat pleno terbuka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Selasa (04/08/2020).

Sebagaimana diketahui, setiap awal bulan KPU Kabupaten Bojonegoro rutin menggelar rapat pleno. Namun berbeda dari rapat sebelumnya, kali ini KPU Kabupaten Bojonegoro mengadakan pleno terbuka yang dihadiri stake holder antara lain Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), serta Dinas Pendidikan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilakukan berdasarkan ketentuan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan bertujuan untuk memperbarui data pemilih sehingga akan diperoleh data pemilih yang sesuai dengan prinsip penyediaan data pemilih. “Oleh sebab itu, diperlukan kerjasama yang baik antara pemilih, penyelenggara pemilihan, dan pemerintah,” kata Fatkhur Rohman, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro.

Terkait koordinasi dengan instansi penyelenggara pemilu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Moch Zaenuri menyampaikan bahwa pihaknya siap memberi masukan pada KPU untuk perbaikan daftar pemilih, mengingat masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang pemutakhiran data pemilih ini. “Alangkah baiknya dilakukan sosialisasi agar masyarakat tergerak untuk melaporkan apabila ada penambahan atau perubahan data,” ujarnya. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register