Begini Garis Besar PKPU Nomor 6 Tahun 2020

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Senin (13/07/2020).

PKPU Nomor 6 Tahun 2020 telah disahkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-Undangan KemenkumHAM pada 7 Juli 2020. PKPU ini mengatur tahapan Pemilihan serentak lanjutan. Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman, menyampaikan garis besar PKPU Nomor 6 Tahun 2020. “Sebagai adaptasi dari kondisi pandemi, PKPU Nomor 6 Tahun 2020 ini berisi kewajiban penerapan protokol kesehatan di seluruh tahapan Pemilihan,” katanya.

Tahapan ini meliputi pembentukan panitia ad hoc dan PPDP, pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, pelaporan dana kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilihan, sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat, serta pengamanan perlengkapan Pemilihan.

Adapun aspek kesehatan dan keselamatan yang dimaksud, sekurang-kurangnya memenuhi prosedur sebagai berikut: melakukan Rapid Test secara berkala terhadap penyelenggara Pemilihan, penggunaan masker, penyediaan sarana cuci tangan, pengecekan suhu tubuh seluruh pihak yang terkait Pemilihan, jaga jarak minimal 1 meter, larangan berkerumun, pembatasan jumlah peserta atau personel yang ditugaskan, dan skrining kesehatan orang yang akan masuk ke dalam ruangan kegiatan. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register