Pemilu Serentak Sepakat Digelar 9 Desember 2020

 

Jakarta, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Pemerintah (Mendagri), Komisi II DPR, dan Penyelenggara Pemilu (KPU RI dan Bawaslu) sampai pada kesimpulan Pemilihan Serentak akan digelar 9 Desember 2020 mendatang, Rabu (27/05/2020) 

Melalui video conference, Mendagri bersama Komisi II DPR, KPU RI, dan Bawaslu menggelar RDP untuk membahas Pemilihan serentak 2020. Hasil RDP menyatakan Pemilu serentak akan digelar pada 9 Desember 2020. Keputusan ini dibuat atas pertimbangan KPU serta saran dan dukungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Keputusan ini berimplikasi pada tahapan Pemilihan yang akan dimulai 15 Juni 2020.

Meskipun digelar pada masa pandemi, Mendagri Tito Karnavian menjamin protokol kesehatan tetap akan dijalankan dengan ketat. “Tahapan lanjutan 15 Juni akan dijalankan sesuai prosedur protokol kesehatan,” katanya.

Berikut poin kesimpulan RDP yang telah disepakati:

Pertama, berdasarkan saran, usulan, dan dukungan  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 maka Mendagri, Komisi II DPR, dan KPU RI menyetujui pelaksanaan pemilihan serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020 sesuai dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga atas UU Nomor 1 Tahun 2015;

Kedua, Komisi II DPR menyetujui seluruh tahapan Pemilihan serentak 2020 dilakukan sesuai protokol kesehatan serta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan tetap berpedoman pada prinsip demokrasi;

Ketiga, Komisi II DPR meminta kepada KPU RI, Bawaslu, dan DKPP untuk mengajukan usulan tambahan anggaran Pemilihan. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register