Terkait Tahapan Lanjutan Pemilihan 2020, KPU Tunggu Kepastian dari Gugus Tugas Covid-19 dan BNPB

Jakarta, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memilih menunggu jawaban dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelum memutuskan pelaksanaan tahapan lanjutan Pemilihan 2020. Hal ini terungkap dari diskusi daring bersama Fakultas Hukum (FH) Trisakti dan FH Universitas Surabaya, Minggu (10/05/2020).

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari mengungkapkan bahwa KPU RI mengirimkan surat pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan BNPB untuk menanyakan kepastian penanganan pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mencegah momen Pemilihan menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Inti dari surat tersebut diantaranya, mempertanyakan kapan pandemi Covid-19 dinyatakan selesai dan aman. Kemudian, jika ditentukan wabah Covid-19 telah selesai dan aman, apakah dibutuhkan tahapan pemulihan baik dari sisi psikologis, ekonomi, maupun sosial dan politik.

“Jawaban dari pertanyaan itu akan menjadi bahan untuk menentukan jadwal pasti penyelenggaraan Pemilihan 2020,” kata Hasyim Asy’ari.

Selanjutnya, hal ini akan dibahas dalam rapat kerja lanjutan antara penyelenggara Pemilu, Pemerintah dan DPR yang sedianya akan digelar pada akhir Mei 2020. (mit/pin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register