Bagaimana Asas dan Tujuan Pemilu?

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro kembali mengajak mahasiswi Praktek Kerja Lapangan (PKL) Universitas Bojonegoro (Unigoro) menyimak materi kepemiluan. Kali ini materi yang disajikan adalah asas dan tujuan Pemilu, Rabu (05/02/2010).

Setelah mengisi absensi, kesembilan mahasiswi PKL Unigoro memasuki ruang Media Center. Sekira pukul 10.00 WIB, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, Muchlisin, membuka pertemuan dengan memperkenalkan diri. Beberapa menit kemudian, Muchlisin mulai menyampaikan materi tentang asas dan tujuan Pemilu berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Dikatakan oleh Muchlisin, bahwa asas Pemilu adalah Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luber Jurdil). Langsung berarti pada saat pencoblosan, pemilih memilih secara langsung tanpa diwakilkan. Umum, berarti pemilih yang telah memenuhi syarat, dapat menggunakan haknya tanpa terkecuali. Bebas maksudnya pemilih bebas menggunakan hak suaranya tanpa paksaan pihak manapun. Rahasia artinya pada saat memilih, tidak ada orang lain yang mengetahui apapun pilihannya. Jujur artinya semua pihak yang terlibat dalam Pemilu bersikap jujur seuai aturan yang berlaku.

“Sedangkan adil artinya setiap pemilih dan peserta Pemilu harus mendapatkan perlakuan yang sama, bebas dari kecurangan manapun,” katanya.

Materi selanjutnya yaitu tujuan Pemilu. Setidaknya ada empat tujuan Pemilu, antara lain sebagai sarana perwakilan politik dimana rakyat dapat memilih wakil-wakilnya untuk menyuarakan aspirasi dan kepentingannya. Kedua, Pemilu sebagai sarana suksesi kepemimpinan secara konstitusional. Ketiga, Pemilu sebagai sarana pemimpin politik memperoleh legitimasi. Keempat, Pemilu sebagai sarana partisipasi masyarakat.

“Intinya, tujuan Pemilu adalah untuk menyeleksi para pemimpin pemerintahan maupun wakil rakyat, yang benar-benar bekerja untuk kesejahteraan rakyat,” pungkasnya. (mit/pin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami