Sekretaris KPU Bojonegoro Beri Materi Tata Kelola Arsip Pemilu

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Melanjutkan rangkaian diskusi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, kali ini Sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro, Moh Sapiq, berbagi pengalaman seputar Tata Kelola Arsip dengan para mahasiswi Universitas Bojonegoro (Unigoro) dan siswi SMK Temayang yang sedang melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Selasa (04/02/2010).

Sembilan orang mahasiswi Unigoro dan tiga siswi SMK Temayang yang sedang melaksanakan PKL di KPU Bojonegoro, kembali menyimak materi yang disuguhkan komisioner dan sekretariat secara bergantian. Kali ini Sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro, Moh Sapiq, dijadwalkan mengisi materi. Dalam suasana santai di ruang RPP (Rumah Pintar Pemilu), Moh Sapiq berbagi pengalaman tentang tata kelola arsip.

Mengawali materinya, Moh Sapiq menuturkan bahwa KPU bertekad menjadi lembaga yang tertib administrasi.  “Dalam artian, tertib administrasi perkantoran maupun administrasi hasil pemilu,” tuturnya.

Disampaikan juga bahwa  arsip Pemilu merupakan arsip substantif KPU yang menjadi sebuah rujukan data dan dokumen yang berharga, serta dapat diolah dan dimanfaatkan kembali oleh masyarakat. “Sehingga harus dipastikan pengelolaannya harus baik dan rapi,” katanya.

Sementara itu, Moh Sapiq juga menguraikan tentang arsip Pemilu yang perlu diperhatikan pengelolaannya, antara lain pertama, arsip/dokumen tahapan penyelenggaraan Pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD. Kedua, arsip/dokumen tahapan penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Ketiga, arsip/dokumen tahapan penyelenggaraanPemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Tanya jawab seputar tata kelola arsip mengalir dengan sendirinya. Diskusi berjalan lancar dan berakhir sekira pukul 10.00 WIB. (mit/pin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami