KPU Bojonegoro Diskusikan Sistem Pemilu

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Rangkaian diskusi masih berlanjut. Kali ini mahasiswi Universitas Bojonegoro (Unigoro) mengikuti diskusi kepemiluan yang difasilitatori Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman, Jumat (31/01/2020).

Usai melaksanakan jumat bersih, sekira pukul 09.00 WIB, kesembilan mahasiswi Unigoro yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 3 minggu ini berkumpul di Rumah Pintar Pemilu (RPP) untuk berdiskusi tentang sistem Pemilu.

Fasilitator diskusi, Fatkhur Rohman, terlebih dahulu menjelaskan bahwa sistem Pemilu merupakan metode penghitungan suara untuk menentukan hasil Pemilu. Selanjutnya Fatkhur Rohman menyampaikan bahwa sistem Pemilu terdiri atas enam unsur. Empat diantaranya merupakan unsur mutlak dan dua unsur lainnya merupakan unsur pilihan.

“Keempat unsur mutlak itu adalah besaran Dapil (Daerah Pemilihan), peserta dan pola pencalonan, model penyuaraan, dan formula pemilihan,” katanya.

Disebut unsur mutlak, karena tanpa salah satu dari keempat unsur ini, maka ketiga unsur lain tidak bisa mengkonversi suara pemilih menjadi kursi.

Sedangkan dua unsur pilihan, yaitu ambang batas perwakilan dan periode peyelenggaraan berbagai jenis Pemilu. Disebut unsur pilihan karena keempat unsur lainnya masih mampu mengkonversi suara pemilih menjadi kursi.

Sinta, salah satu mahasiswi peserta diskusi menyatakan senang dengan diskusi semacam ini. “materi kepemiluan ini tidak kami dapatkan di kampus, jadi kami senang bisa mempelajari hal baru,” ujarnya. (mit/pin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami