Divisi Teknis Suguhkan Materi Pemilu Inklusif

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Selama beberapa hari kedepan, para Komisioner dan Sekretaris akan menjadi fasilitator pada diskusi kepemiluan untuk mahasiswi Universitas Bojonegoro (Unigoro) dan siswa siswi SMK yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro. Sesi pertama diisi oleh Divisi Teknis, Fatma Lestari, Kamis (30/01/2020).

Kamis pagi sekira pukul 10.00 WIB, fasilitator diskusi, Fatma Lestari, mengawali rangkaian diskusi kepemiluan ini dengan tema Mewujudkan Pemilu Inklusif. Sebelum masuk pada fokus bahasan, fasilitator diskusi terlebih dahulu menyampaikan definisi Pemilu Inklusif.

“Pemilu inklusif merupakan Pemilu yang memberi kesempatan bagi seluruh pemilih yang memenuhi syarat, untuk dijamin haknya tanpa hambatan agama, ras, gender, kondisi fisik, usia maupun wilayah,” katanya.

Kemudian, fasilitator mengajak 16 peserta diskusi bersimulasi untuk memahami perbedaan jenis kelamin dan gender. Jenis kelamin bersifat dikotomi (laki laki – perempuan), dan anugrah dari Tuhan. Sedangkan gender merupakan peran atau perilaku yang ditempelkan pada laki laki atau perempuan mengikuti bentukan sosial.

 

 

Lebih lanjut, fasilitator menambahkan bahwa perbedaan gender sering dipersoalkan karena identitas yang acapkali dilekatkan pada perempuan, biasanya merugikan perempuan itu sendiri. Hal ini bisa menimbulkan ketidaksetaraan dalam ruang publik, misalnya rendahnya keterwakilan perempuan dalam institusi politik.

Setelah membahas persoalan politik gender, peserta diskusi disuguhi fasilitator materi mengenai partisipasi politik penyandang disabilitas. “KPU merupakan lembaga negara yang bertanggungjawab agar hak partisipasi tiap warga negara terpenuhi, termasuk penyandang disabilitas, dengan cara menjangkau aksesibilitasnya,” pungkasnya. (mit/pin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami