Kenalkan Pemilu, KPU Bojonegoro Berikan Tour dan Nobar di RPP

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Berbagai cara dilakukan untuk mengenalkan Pemilu kepada putra putri bangsa. Kali ini Kamis, (23/01/2020) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro mengenalkan Pemilu kepada peserta magang melalui tour di Rumah Pintar Pemilu (RPP) dan pemutaran film pendek yang bercerita tentang substansi pelaksanaan Pemilu.

Pengenalan Pemilu oleh KPU Kabupaten Bojonegoro dikemas melalui pembelajaran yang menyenangkan. Dimulai dengan tour RPP, peserta berkeliling ruangan sembari mengenal sejarah Pemilu di Indonesia. Setelah puas berkeliling RPP, peserta diajak nonton bareng (nobar) film Pemilu.

Sebelum Pemutaran film dimulai, KPU memberikan selingan berupa games agar sesama peserta magang yang berjumlah 21 orang ini saling mengenal. Mereka yang paling banyak bisa menghafal nama-nama teman magangnya, mendapatkan hadiah gelas cantik.

Setelah perkenalan usai, acara dilanjutkan dengan nobar film di Rumah Pintar Pemilu (RPP). Film yang diputar adalah film kategori Terpuji I Festifal Film Pendek KPU RI yang memiliki pesan bagaimana sebaiknya Pemilu itu diselenggarakan. Peserta magang yang berasal dari Universitas Bojonegoro (UNIGORO), SMK Nurul Ulum Kalitidu, SMK Temayang, dan SMK At Tanwir Sumberrejo tampak antusias mengikuti alur cerita film.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Mustofirin, sebagai fasilitator mengatakan, pengenalan Pemilu itu sangat penting dilakukan karena Pemilu memiliki faktor integratif yang dapat mempererat persatuan bangsa. “Semangat ini yang harus dimiliki kader-kader bangsa,” terangnya.

“Karena Pemilu merupakan bagian dari sistem politik dan demokrasi di Indonesia, yang dikatakan bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat, maka sudah seharusnya dari tingkat pelajar, pendidikan Pemilu dikenalkan,” pungkasnya. (mit/rin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register