Uji Coba Sistem e-rekap Pilkada 2020, Begini Mekanismenya

Medan, kab-bojonegoro.kpu.go.id– Sistem e-rekap (rekapitulasi elektronik) akan diujicoba Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) khusus bagi daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020, Senin (30/12/2019).

Kota Medan menjadi salah satu daerah yang dijadikan pilot project uji coba penerapan e-rekap ini. Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik, menyampaikan bahwa pelaksanaan e-rekap akan menggantikan salinan rekapitulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tinggal mengirimkan foto plano (catatan hasil penghitungan suara) ke aplikasi atau server yang sudah disiapkan,” katanya.

Sedangkan untuk menjamin keamanannya, KPU RI menyediakan semacam nomor sim card bagi pengirim plano tadi. “Sim card ini didaftarkan secara khusus sebelum pelaksanaan pemilihan,” ujar Evi.

Seperti diketahui, proses rekapitulasi saat ini masih dilakukan secara berjenjang, mulai dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi, sampai KPU RI, sehingga membutuhkan durasi waktu yang panjang. Dengan adanya e-rekap ini, diharapkan bisa mempersingkat tahapan rekapitulasi. (mit/rin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register