Ketua KPU RI : Untuk Bangun Kepercayaan Publik, Penyelenggara Pemilu Harus Kuasai Data

Pasuruan,  kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Hadir dalam kesempatan Rapat Pimpinan Perencanaan Program dan Anggaran Tahun 2020 KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur di Royal Tretes View Hotel and Convention Pasuruan (04/12/2019), Ketua KPU Republik Indonesia, Arief Budiman mengingatkan bahwa penyelenggara pemilu harus mampu menguasai data kepemiluan guna membangun kepercayaan publik.

Menurut Ketua KPU RI ini jangan sampai Anggota KPU ketika ditanya masyarakat mengenai masalah kepemiluan, tidak bisa menjawab.

“Masyarakat tidak memandang Anda ini Divisi apa. Tetapi memandang Anda sebagai penyelenggara pemilu dan pemilihan yang harus bisa menjelaskan ketika mereka bertanya. Menjawab pertanyaan masyarakat ini akan lebih dipercaya ketika Kita menyampaikannya dengan berbasis data,” tutur Arief Budiman, Ketua KPU RI, Rabu (04/12/2019).

Arief meenejelaskan bahwa menjadi penting bagi penyelenggara, utamanya bagi Anggota KPU ini menguasai dan memahami data. Agar kepercayaan publik terhadap lembaga KPU ini terbangun.

“Apalagi saat ini KPU sedang berupaya untuk terus membangun kepercayaan masyarakat,” ungkapnya.

Berikutnya mantan Komisioner KPU Jatim ini juga membahas mengenai perkembangan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020 di 19 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Perwakilan dari 19 KPU Kabupaten/ Kota yang melaksanakan pemilihan tahun 2020 secara bergantian menjelaskan seperti apa perkembangan dan beberapa kendala di lapang.

Mengakhiri arahannya, Ketua KPU RI mengungkapkan keoptimisannya bahwa pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020 akan sukses dan lancar diselenggarakan.

“Mudah-mudahan pemilihan kepala daerah 19 kabupaten/ kota di Jawa Timur bisa berlangsung dengan luber, jurdil, transparan dan berkualitas,” pungkasnya. (lyn/ rin)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register