KPU Bojonegoro Simak Paparan Ida Budhiati Tentang Desain Kelembagaan Penyelenggara Pemilu

 

Jakarta, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menyimak pemaparan Ida Budhiati, nara sumber dari DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) sekaligus mantan anggota KPU RI periode 2012-2017.

Usai pembukaan Orientasi Tugas Anggota KPU Kabupaten/Kota Gelombang VIII Tahun 2019 di Hotel Le Meridien Jakarta, sesi berikutnya adalah menyimak pemaparan angota DKPP, Ida Budhiati yang juga mantan anggota KPU RI periode 2012-2017. Materi yang disuguhkan adalah kerangka hukum dan desain kelembagaan penyelenggara pemilu.

Dimulai dari periode 2001-2007 dan 2007-2012, dimana pada masa ini kewenangan KPU dianggap lebih dominan dibandingkan lembaga penyelenggara pemilu lainnya. Setelah itu, pada periode 2012 – sekarang, desain kelembagaan pemilu mengalami perubahan yang cukup signifikan. Kewenangan Bawaslu bertambah, tidak hanya mengawasi, tetapi juga melaksanakan penindakan dan menetapkan keputusan yang bersifat mengikat. Sedangkan kewenangan mengawasi lembaga penyelenggara pemilu berada di tangan DKPP.

Di akhir pemaparan, Ida Budhiati berpesan kepada para peserta Orientasi Tugas untuk menjadi penyelenggara pemilu yang mumpuni. “Menjadi penyelenggara pemilu butuh pengetahuan dan keahlian, serta paham aturan dan menaatinya dengan penuh tanggungjawab. Bekerjalah dengan profesional dan berintegritas”, katanya. (mit/lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami