Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019,  KPU Bojonegoro Hadiri Konsolnas KPU RI

Jakarta, kab-bojonegoro.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menghadiri acara konsolidasi nasional (Konsolnas) “Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 dan Persiapan Penyelenggaraan Pemilihan 2020” di Jakarta, Sabtu (21/09/2019).

Acara dibuka Sabtu malam, sekira pukul 20.00 WIB oleh Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, Wahyu Setiawan. Peserta Konsolnas terdiri dari ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, anggota divisi SDM dan Parmas, anggota divisi Teknis Penyelenggara, anggota divisi Hukum, anggota divisi Perencanaan dan Data, serta Sekretaris KPUK se-Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, Wahyu Setiawan mengungkapkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak tahun 2019 sudah sangat baik, karena ada peningkatan dibandingkan Pemilu sebelumnya, serta melebihi target nasional. Hal inilah yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan dalam Pemilihan 2020 nanti.

“Pelaksanaan pemilu tak terbantahkan sukses dengan partisipasi masyarakat yang tinggi hingga 82%. Namun, sukses ini juga harus diikuti dengan evaluasi yang serius. Agar dapat ditemukan hal baru guna perbaikan pada pemilu berikutnya,” papar anggota KPU RI Wahyu Setyawan saat membuka acara Konsolnas Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Sabtu(21/09/2019).

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPUK Bojonegoro, Mustofirin, memandang kegiatan ini sebagai ajang untuk bertukar pikiran antar KPUK dalam mengevaluasi pelaksanaan Pemilu 2019.

“Acara konsolnas ini menjadi kesempatan kita untuk bertukar pikiran sekaligus mendiskusikan isu-isu strategis, misalnya merancang desain sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” katanya.

Acara Konsolnas ini dijadwalkan digelar selama empat hari, tanggal 21 hingga 24 September 2019 mendatang. Fokus konsolidasi guna melakukan evaluasi penyelenggaraan pemilu serentak 2019. Evaluasi dilakukan masing-masing divisi dengan terbagi menjadi lima forum konsolidasi. (mit/lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami