Konsolidasi Regional KPU, Partisipasi Nasional Pemilu 2019 Capai 81 Persen

Manado, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menghadiri undangan Konsolidasi Regional (Konreg) Gelombang II Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (13/09/2019).

Sekira pukul 09.00 WITA, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Mustofirin, dan Kasubbag Teknis dan Hupmas, Pinardi menghadiri undangan Konsolidasi Regional (Konreg) Gelombang II Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat.  Konsolidasi tersebut diikuti oleh 10 Provinsi dan 178 KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Acara konsolidasi dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Pemilu Tahun 2019 telah diapresiasi positif oleh banyak pihak, khususnya di forum tingkat internasional.

“Tentu saja pencapaian ini tidak lepas dari kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali,” ungkap Arief Budiman, Ketua KPU RI, Jumat (13/09/2019).

Arief menjelaskan, bahwa indikasi kesuksesan pemilu tahun 2019, yang pertama adalah dimana pada hari H pemungutan suara berjalan relatif aman. Kedua, PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) jauh berkurang dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya.

“Dan ketiga, perolehan tingkat partisipasi nasional yang mencapai angka 81 persen, telah melebihi target pemerintah sebanyak 77,5 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPUK Bojonegoro, Mustofirin, mengungkapkan bahwa konsolidasi tersebut adalah forum untuk melakukan evaluasi desain sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam peningkatan partisipasi masyarakat.

“Dalam forum ini juga akan kita susun daftar inventarisasi masalah kaitannya dengan sosialisasi dan pendidikan pemilih, serta mereview tingkat partisipasi tiap daerah,” tuturnya. (mit/lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami