Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019, Mustofirin Harapkan Ada Kesama-pahaman Lakukan Pembenahan

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Dalam rangka menyempurnakan segala kekurangan pada pelaksanaan fasilitasi kampanye Pemilu 2019, KPU Kabupaten Bojonegoro melakukan evaluasi bersama, Rabu (24/07/2019).

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikkan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Bojonegoro, Mustofirin, selaku pemandu jalannya rapat evaluasi mengungkapkan bahwa evaluasi ini merupakan perintah KPU RI tertuang dalam surat nomor 1000/PL.01.6-SD/06/KPU/VII/2019 Tanggal 10 Juli 2019 tentang Kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019.

“Dari forum evaluasi ini diharapkan dapat disampaikan permasalahan-permasalahan selama fasilitasi kampanye pemilu 2019, tujuannya untuk menyempurnakan grand design KPU RI pada fasilitasi kampanye Pemilu 2024,” ungkap Mustofirin, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikkan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Bojonegoro, Rabu (24/07/2019).

Firin mengungkapkan, sesuai PKPU nomor 23 tahun 2018, selama ini, KPU telah melakukan fasilitasi melalui pendanaan pencetakan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) peserta pemilu di tempat umum, pemasangan iklan media cetak, elektronik, dan dalam jaringan serta Debat pasangan Capres dan Cawapres.

“Sedangkan dari pendanaan pasangan calon diperkenankan kampanye dalam bentuk Pertemuan terbatas, Pertemuan tatap muka, Penyebaran BK kepada umum, pemakaian media sosial. Kemudian yang tambahan yakni Pencetakan APK di tempat umum tambahan, Iklan media cetak, elektronik, dan dalam jaringan,” jelasnya.

Sebagai bahan evaluasi, lanjut Firin, beberapa hal yang menjadi catatan KPU adalah adanya penambahan APK yang tidak dilaporkan oleh peserta pemilu ke KPU Kabupaten. Kemudiam masih ditemukannya pemasangan APK yang tidak sesuai ketentuan.

“Kami harapkan dari forum ini kita bersama-sama memiliki kesama pahaman untuk melakukan pembenahan dan penyempurnaan, baik dari peserta pemilu, pemerintah kabupaten, juga KPU sendiri,” tuturnya.

 

Acara evaluasi tersebut berjalan dialogis dengan adanya masukan-masukan dan rekomendasi yang disampaikan oleh peserta evaluasi. Diantaranya partai politik, media, hingga Pol PP. Acara berakhir pukul 12.00 WIB. (lyn/ rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami