KPU Bojonegoro Ikuti Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Mojokerto, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menghadiri rapat koordinasi (rakor) pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Rabu (10/07/2019).

Rakor yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur tersebut di dilaksanakan selama dua hari, Rabu- Kamis, 10-11 Juli 2019. Rakor tersebut dihadiri oleh Komisioner Divisi Perencanaan dan Data beserta operator SIDALIH KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemutakhiran daftar pemilih merupakan hal yang sangat penting dalam tahapan pemilu.

“Tahapan ini adalah tahapan pemilu terpanjang, dimulai dari proses pendataan Daftar Pemilih Sementara (DPS, red) hingga Daftar Pemilih Khusus (DPK,red),” ungkap Choirul Anam, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur.

Dalam proses pemutakhiran data ini, Anam melanjutkan, tidak hanya memakan anggaran yang besar, namun melibatkan banyak tenaga diantaranya petugas pencocokan dan penelitian (Coklit), PPS, dan PPK.

“Data pemutakhiran berkelanjutan ini sangat penting untuk pemilu selanjutnya. Saya harap komisioner juga paham tidak hanya membuat perintah ke kawan-kawan operator tapi tidak paham regulasinya,” tuturnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Bojonegoro, Muchamad Muhlisin, mengungkapkan daftar pemilih khusus (DPK) KPU Kabupaten Bojonegoro sebanyak 4.751 pemilih.

“Kita sudah selesai menyiapkan datanya dan data tersebut kini telah siap diinput ke aplikasi SIDALIH,” ujarnya. (lyn)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register