KPU RI Lantik Anggota KPU Kabupaten dan Kota Periode 2019-2024

 

Surabaya, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Arief Budiman melantik 180 Anggota KPU dari 36 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Anggota KPU Kabupaten dan Kota Periode 2019-2024 tersebut dilantik di di Hotel JW Marriott, Jalan Embong Malang Surabaya, pada Kamis (13/06/2019) siang.

Prosesi pelantikan anggota KPU ini juga diikuti oleh lima besar anggota KPU Kabupaten Bojonegoro yang telah ditetapkan. Kelima anggota KPU tersebut adalah Fatkhur Rohman SPd MSi, Robby Adi Perwira AMd SE MM, Fatma Lestari SPd, Mustofirin SPd.I dan Muchamad Muchlisin SH.

Sebagaimana Pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Nomor 48/PP.06/Pu/05/KPU/VI/2019, tanggal 11 Juni 2019 tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten / Kota Provinsi Jawa Timur, Periode 2019-2024 dan berdasarkan Keputursan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Nomor 1052/PP.06-Kpt/05/KPU/VI/2019, tanggal 11 Juni 2019 tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten / Kota Provinsi Jawa Timur, Periode 2019-2024, terpilih 5 orang dari 10 orang calon anggota KPU Kabupaten Bojonegoro.

Ketua KPU RI, Arief Budiman, dalam sambutannya berpesan kepada para anggota KPU yang dilantik agar senantiasa mengingat tiga hal dalam bertugas yaitu transparency, integrity dan equality.

“Dalam penyelenggaraan pemilu, penyelenggara harus dapat bekerja secara transparan, menjaga integritas dan persamaan,” tutur Arief Budiman, Ketua KPU RI, Kamis (13/06/2019) siang.

Menurutnya dalam bekerja, KPU sangat berbeda dibanding dengan lembaga negara lainnya, karena KPU bersifat kolektif kolegial.

“Yang dimaksud kolektif kolegial yakni KPU harus mengambil keputusan dengan menggelar rapat pleno. Kemudian tingkat kehadirannya harus memenuhi kuorum dan pengambilan keputusan juga harus disepakati oleh seluruh komisioner,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu anggota komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro yang baru dilantik, Mustofirin SPd.I, yang dalam periode sebelumnya juga menjabat sebagai anggota Komisioner KPU Bojonegoro, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, menuturkan bahwa seluruh anggota KPU yang baru dilantik, akan mengikuti kegiatan pembekalan, yang akan dilaksanakan selama dua hari, mulai Kamis (13/06/2019) hingga Jumat (14/06/2019).

“Hari ini dan besok, akan mengikuti pembekalan. Sementara mengenai formasi Komisioner dan Pemilihan Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, mekanisme pemilihan ketua KPU akan ditentukan melalui rapat pleno yang diputuskan oleh seluruh anggota,” tutur Mustofirin, anggota KPU Kabupaten Bojonegoro Periode 2019-2024.

Untuk diketahui, dari lima anggota KPU Bojonegoro periode 2019-2024 yang baru dilantik, terdapat dua orang yang merupakan anggota KPU periode sebelumnya, yaitu Mustofirin SPd.I, yang sebelumnya menjabat sebagai Komisioner KPU Bojonegoro, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat dan Fatkhur Rohman SPd MSi, yang sebelumnya menjabat sebagai Komisioner KPU Bojonegoro, Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Sementara tiga orang lainnya, yaitu Robby Adi Perwira AMd SE MM, Fatma Lestari SPd dan Muchamad Muchlisin SH, merupakan anggota yang baru pertama kali terpilih menjadi anggota KPU Bojonegoro. (lyn)

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register