Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Gelar Festival Musik “Ayo Mencoblos”

Oleh Linda Estiyanti

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu serentak Tahun 2019, KPU Kabupaten Bojonegoro menggelar acara Festival Musik Pemilih Pemula dengan hastag “Ayo Mencoblos”.

Festival musik yang dilaksanakan di Taman Rajekwesi, Sabtu (16/03/2019) tersebut diperuntukkan bagi generasi millenial di Bojonegoro. Peserta festival terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA sederajat yang tergabung dalam 15 group band dari sejumlah perguruan tinggi dan sekolah yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bojonegoro, Mustofirin, menjelaskan, Festival musik “Ayo Mencoblos” ini diperuntukkan bagi para pemilih pemula di Kabupaten Bojonegoro.

“Nantinya pemenang festival musik akan menerima trophi serta hadiah uang senilai total Rp 10 juta, juara 1 akan ditampilkan sebagai band pembuka pada konser Pemilu 2019 bersama Band Letto,” kata Mustofirin.

Firin, sapaan akrabnya, berharap kegiatan ini dapat menggugah semangat dan gairah para pemilih pemula, agar dapat berperan aktif dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Sebagaimana jumlah pemilih pemula di Bojonegoro ini juga cukup besar, yakni mencapai 41 persen dari jumlah daftar pemilih tetap yang mencapai 1.026.229 pemilih,” tuturnya.

Peserta festival saling beradu olah vokal dan kreatifitas dalam bermusik. Dimana masing-masing peserta harus menampilkan dua lagu secara berurutan, yakni lagu wajib, Jingle Pemilu 2019 dengan judul Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat, serta satu lagu umum yang menjadi andalan masing-masing peserta. Selain itu peserta juga diminta menyampaikan kalimat ajakan memilih kepada seluruh penonton yang hadir.

Kelima belas band peserta tersebut adalah Jenar Project dari SMA Negeri 2 Bojonegoro, SMK N 4 Bojonegoro, Blue Band dari SMA Negeri 3 Bojonegoro, Bandjradt Band dari SMA Negeri 3 Bojonegoro, GSM Band dari SMA Negeri 4 Bojonegoro, Unisound Band dari SMA Negeri 4 Bojonegoro, Unyu Band dari SMA Katolik IGN Slamet Riyadi Bojonegoro, NUtasi Band dari Unugiri Bojonegoro, Yellow Smooth Band dari SMA N MT, Four Series Band dari SMAN 1 Kepohbaru, KRITIS Band, Barokah Band dari IKIP PGRI Bojonegoro, SMABA Band dari SMA Negeri 1 Balen, Geometry Project dari SMA Negeri 1 Bojonegoro dan Sak Karep Band dari AKN Poltek Bojonegoro.  (lyn/ rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami