Sosialisasi Relawan Demokrasi Sentuh Perempuan Pekerja Kupas Bawang Merah

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Upaya sosialisasi pemilu 2019 semakin gencar dilakukan oleh relawan demokrasi. Mereka mulai terjun di wilayah-wilayah khusus.

Tidak hanya sosialisasi menyentuh masyarakat luas, masyarakat dengan latar belakang aktifitas khusus seperti pekerja kupas bawang merah yang ada di Desa Samberan Kecamatan Kanor ini juga menjadi sasaran sosialisasi relawan kembar dua asal Kanor, Wahyu Shofiana dan Wahyu Shofiani.

“Ibu-ibu pekerja kupas bawang merah ini sangat minim informasi mengenai pemilu. Oleh karenanya sasaran ini juga menjadi prioritas kami. Hasilnya, memang sebagian besar dari sasaran ini adalah kelompok yang acuh dan tidak sadar tentang pentingnya menggunakan hak pilih pada pemilu,” tutur Wahyu Shofiana, relawan Basis Pemilih Perempuan, Rabu (06/02/2019).

Senada dengan yang dituturkan oleh kakak kembarnya, Wahyu Shofiani, menegaskan bahwa kelompok perempuan pekerja tersebut mempunyai tingkat kesadaran partisipasi pemilu yang masih rendah. Kebanyakan ibu-ibu mengaku mereka sebagai orang kecil tidak lagi percaya dengan janji-janji pemimpin.

“Dalam hal ini kami berupaya memberikan pengertian kepada sasaran, bahwa keraguan tersebut dapat dijawab apabila mereka mengetahui latar belakang dan visi misi calon dengan baik. Tidak asal pilih calon pemimpin serta tidak mudah memberikan suaranya kepada calon yang belum dikenali,” ujar Ani, panggilan akrab Wahyu Shofiani.

Sementara itu, Anggit Ratna Ningtyas yang menyasar kelompok perempuan muda di sepanjang alun-alun kota Bojonegoro, juga berupaya memberikan pemahaman yang sama mengenai pentingnya mengetahui latar belakang dan visi misi calon sebelum menentukan pilihan. (lyn/ rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami