Sambung Keterputusan Informasi, Relawan Juga Sasar Kaum Marginal

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Relawan Demokrasi adalah perangkat KPU dalam menyambung keterputusan informasi ke masyarakat. Dalam hal ini, seorang relawan asal Kedungadem, Ahmad Suhermanto berhasil melakoninya dengan baik.

Senin (04/02/2019) siang, sekira pukul 13.30 WIB, relawan demokrasi KPU Kabupaten Bojonegoro mendatangi rumah-rumah warga yang terletak di wilayah pinggiran sepanjang Desa Teleng Kecamatan Sumberrejo. Bertempat di rumah salah satu warga RT  02 RW 01, Sriasih,  relawan basis kaum marginal, Ahmad Suhermanto asal Kedungadem melakukan sosialisasi menyasar ibu-ibu rumah tangga.

“Disini termasuk daerah pelosok yang jarang dijangkau oleh kegiatan sosialisasi semacam ini. Kami sampaikan  ke masyarakat tentang  tanggal pelaksanaan pemilu 2019, warna kertas Pemilu 2019, Peserta Pemilu 2019, Tata cara mencoblos sesuai dengan aturan suara yang sah,” terang Ahmad Suhermanto, relawan basis kaum marginal asal Kedungadem, Senin (04/02/2019).

Herman, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa dalam penyampaian materi kebanyakan ibu-ibu mengahawatirkan ketidakpahaman mereka tentang jenis surat suara yang begitu banyak, khususnya yang memuat calon-calon legislatif seperti halnya surat suara calon DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI. Ditambah lagi masalah penglihatan yang kabur ketika melihat surat suara.

“Saking banyaknya surat suara, kebanyakan ibu-ibu tidak paham tentang surat suara tersebut dan mengkhawatirkan penglihatan mereka,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro, Mustofirin mengungkapkan bahwa relawan demokrasi adalah perangkat KPU yang dapat masuk di semua lapisan masyarakat untuk sosialisasi. Oleh karenanya, selain memiliki tugas mendorong masyarakat datang ke TPS, tugas lainnya adalah memutus ketidaktahuan masyarakat mengenai tata cara teknis pemilihan.

“Adanya kekhawatiran masyarakat kesulitan memahami jenis surat suara dalam Pemilu 2019 ini tentu menjadi perhatian KPU. Kami bersama relawan demokrasi akan terus berupaya untuk menjadi solusi dalam permasalahan tersebut. Kami akan masuk ke seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya. (lyn/ rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami