Di Dander, Relawan Demokrasi Juga Datangi Penyandang Disabilitas

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Tidak hanya menyasar para pemilih pemula dan kaum marginal, Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Bojonegoro juga mendatangi kaum rentan penyandang disabilitas.

Seperti yang dilakukan relawan demokrasi asal Dander, Kholishotun Nifa dan Anisa Indah Sri Wahyuni serta Isna Choirun Nisa’ Azzahro’ asal Temayang. Ketiga relawan ini mendatangi Mbah Bas, salah satu warga penyandang tuna netra di RT 11 RW 02 Desa Sendangrejo Kecamatan Dander.

“Dalam penyampaian materi mbah Bas mengetahui akan dilaksanakan pemilu, namun belum mengetahui tentang siapa saja peserta pemilu, jadi kami juga harus menjelaskan secara umum,” ungkap Kholishotun Nifa, relawan Demokrasi asal Kecamatan Dander, Senin (04/02/2019).

Nifa, sapaan akrabnya menyampaikan, bahwa dalam keluarga mbah Bas ini satu keluarga penyandang disabilitas. Sehingga seringkali pada saat datang pemilu mereka menggantungkan hak mereka kepada tetangga yang mau mengantarkan dan membawa mereka ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Keluarga mbah Bas ini sangat bergantung kepada tetangga untuk mengantarkannya ke TPS,” terangnya.

Terpisah, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bojonegoro, Mustof menuturkan bahwa untuk persoalan pemilih tuna netra, KPU telah menyediakan alat bantu untuk memilih. Ia mengimbau supaya keluarga penyandang disabilitas atau masyarakat sekitar dapat membantu anggota keluarga atau warganya yang memiliki keterbatasan fisik untuk mendapatkan hak memilihnya di TPS.

“Selain itu, anggota keluarga disabilitas juga dapat meminta bantuan dari petugas KPPS setempat,” ujar Mustofirin, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bojonegoro

(lyn/ rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami