Bersama Relawan Demokrasi, KPU Bojonegoro Lakukan Penyusunan Rencana Kerja Sosialisasi Pemilu 2019

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Usai merekrut 55 Relawan Demokrasi untuk membantu menyukseskan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten segera melakukan penyusunan rencana kerja sosialisasi Pemilu 2019, Sabtu (02/02/2019).

Kamis pagi, KPU Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan bimbingan teknis dalam rangka penyusunan rencana kerja sosialisasi Relawan Demokrasi. Hadir dalam acara tersebut 55 Relawan Demokrasi yang merupakan representasi tiap kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munib menyampaikan bahwa tugas besar Relawan Demokrasi adalah sebagai mitra KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Yakni mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

“Dalam hal ini, ada dua kategori masyarakat yang akan kita hadapi, yakni masyarakat yang tidak sadar pemilu dan masyarakat yang telah sadar pemilu,” ungkap M. Abdim Munib, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro.

Masyarakat yang tidak sadar pemilu, kata Munib, adalah masyarakat yang cenderung apatis dan pragmatis terhadap pemilu. Mereka yang tidak sadar pentingnya pemilu dan demokrasi akan acuh tak acuh.Mereka sama sekali tidak memedulikan keterkaitan antara Pemilu dengan kesejahteraan, demokrasi, pembangunan, dan kesatuan negara.

“Jadi tantangan terbesar relawan demokrasi adalah membuat masyarakat sadar pentingnya pemilu. Bagaimana menyadarkan, memahamkan tata cara memilih yang benar, siapa peserta pemilunya. Kemudian yang sudah sadar juga dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar,” tuturnya.

Pelaksanaan bimtek ini membahas tentang rencana kerja relawan dan tata cara pelaporan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh relawan demokrasi selama kurang lebih dua bulan kedepan. Selain itu, relawan juga dibekali oleh alat peraga sosialisasi yang akan dibawa saat relawan terjun ke lapangan. (lyn/ rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami