Pendaftar Relawan Demokrasi Membeludak, Kelompok Anak Muda Mendominasi

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Pendaftaran Relawan Demokrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro membeludak. Membeludaknya pendaftar tersebut didominasi oleh keompok anak-anak muda di Kabupaten Bojonegoro.

Seperti yang tampak pada hari ini, Sabtu (12/01/2019), pendaftar didominasi oleh para anak muda yang kebanyakan baru lulus SMA atau kuliah di perguruan tinggi (fresh graduate).

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bojonegoro, Mustofirin menyampaikan bahwa program Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya di mana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya.

“Program Relawan Demokrasi ini dibuka seluas-luasnya untuk masyarakat Bojonegoro. Untuk jumlah pendaftar mencapa angka 60 an, mayoritas didominasi oleh anak muda. Selain itu juga ada pendaftar dari lingkup bidang keagamaan, komunitas hingga orang-orang yang pernah berkecimpung di dunia kepemiluan,” tutur Mustofirin, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (12/01/2019).

Firin, sapaan akrabnya menjelaskan, dengan mendominasinya pendaftar relawan dari kelompok anak muda tersebut membuktikan bahwa generasi muda kita ini adalah anak-anak muda yang melek politik dan peduli dengan masa depan bangsa.

“Dengan banyaknya kelompok anak muda yang sadar akan pentingnya demokrasi menjadikan KPU semakin antusias untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 nanti,” tuturnya.

Pendaftaran Relawan Demokrasi tersebut dibuka selama empat hari, mulai tanggal 10-13 Januari 2019. Dengan persyaratan diantaranya adalah warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kabupaten Bojonegoro, memiliki kecakapan wawasan mengenai Pemilu dan melengkapi beberapa persyaratan administrasi lainnya. (lyn/ rin)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami