Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Pertaruhan Integritas Penyelenggara, KPU Harus Jaga Kemurnian Suara


Bekasi, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menghadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, Serta Sosialisasi Situng Pilgub Serentak 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro, Fatkhur Rohman, selaku Divisi Teknis dan Penyelenggaraan ditemani oleh Kasubag Teknis dan Hupmas Pinardi dan operator Situng, Fistian Prajayanti mengikuti bimtek KPU RI di Hotel Horison Bekasi. Bimtek tersebut dilaksanakan selama tiga hari, Rabu-Jum’at, 28 februari hingga 02 Maret 2018.

Bimtek dibuka oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. Dalam Sambutannya, Arief  menyampaikan bahwa melalui bimtek ini Jajaran Penyelenggara dapat terus menjaga Kompetensi, Profesionalisme, Transparansi dan Integritas.

“Kegiatan ini penting untuk Pelaksanaan Pemilu, terutama tentang kemurnian suara ketika proses pemungutan, perhitungan, hingga di Konversi menjadi Kursi, dengan cara yang baik dan benar,” tutur Arief Budiman, Ketua KPU RI, Rabu (28/02/2018).

Ia menjelaskan bahwa menjaga suara sejak dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ditetapkan di Provinsi, adalah tugas KPU Kabupaten/Kota dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah.

“Itulah cara kita, menjaga Integritas dalam mempertanggungjawabkan pekerjaan kita. Ingat bahwa KPU harus siap, karena itulah bentuk Kongkrit pertanggungjawaban anda atas pekerjaan yang dilakukan,” Ujarnya.

Hadir sebagai narasumber bimtek tersebut, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Ida Budhiati serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan.

Anggota DKPP, Ida Budhiati, mengingatkan adanya Potensi Pelanggaran Kode Etik, dalam Penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan serta Rekapitulasi Suara, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Umum (Pemilu). Ia meminta kepada penyelenggara pemilu untuk selalu menjaga integritas.

“Negara Indonesia sangat serius dalam membangun Demokrasi yang baik, dimulai dengan Konstruksi Penyelenggaraan Pemilu, yang tidak hanya untuk mencapai aspek Prosedur dan menggugurkan aspek Teknis, tapi juga ingin hasil yang berintegritas,” ungkap Ida.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, juga mengingatkan agar Penyelenggara Pemilu, selalu berkoordinasi satu sama lain, demi suksesnya Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, maupun Pemilu 2019.

“Pentingnya koordinasi ini akan menjaga satu sama lain sehingga kesuksesan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019 bisabenar-benar diraih,” imbuhnya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!