Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sosialisasikan Pemilu ke Pemilih Pemula

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro diundang menjadi narasumber dalam acara sosialisasi, Jum’at (23/02/2018).

Sekitar pukul 09.00 WIB, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) kampus STAI At-Tanwir Talun Bojonegoro terlihat antusias mengikuti acara sosialisasi pemilu. Sosialisasi yang diselenggarakan di kampus STAI At-tanwir Talun tersebut menghadirkan Komisioner KPU Mustofirin, selaku Divisi SDM dan Parmas, serta Komisioner Bawaslu Bojonegoro, Mochtar.

“Pemilu adalah pesta demokrasi yang penting sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dalam menentukan pemimpin secara konstitusional,” terang Mustofirin, Komisioner Divisi SDM dan ParmasKPU Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (23/02/2018).

Firin, sapaan akrabnya menyampaikan bahwa pemilih pemula adalah mereka yang baru memasuki usia pemilih (17 tahun) atau baru pertama kali menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu.

“Biasanya terdiri dari pelajar, mahasiswa, atau pekerja muda,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa karakteristik permilih pemula ini menjadi penting sebagai bahan dalam mengoptimalkan partisipasi pemilih pada pemilu mendatang. Mulai dari karakter kritis dan mandiri, apatis, buta politik, memiliki rasa ingin tahu dan antusiasme yang tinggi hingga karakter yang menuntut perubahan.

“Jumlah pemilih pemula ini jumlahnya sangat banyak, sehingga para pemilih pemula ini juga turut memegang peranan penting dalam meningkatkan angka partisipasi pemilih pada pemilu mendatang,” tuturnya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!