Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Ratusan Pemuda Disiapkan Jadi Pelopor Sadar Pemilu 2018

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Ratusan Pemuda terdiri dari pelajar SMA/ MA dan SMK, mahasiswa juga santri dari pesantren di wilayah kota Bojonegoro berkumpul di aula kantor KPU Kabupaten Bojonegoro, Kamis (01/02/2018) kemarin.

Mereka menghadiri acara sosialisasi untuk pemilih pemula dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018. Acara tersebut membahas mengenai pentingnya Pemilu, pengertian pemilih pemula yang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018.

Kasubag Hupmas dan Teknis KPU Kabupaten Bojonegoro, Pinardi menyampaikan bahwa tujuan daripada sosialisasi ini selain memberikan pemahaman seputar pemilu kepada para calon pemilih pemula, juga untuk memberikan bekal pengetahuan dan informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat khususnya teman dan lingkungan keluarga terdekat.

“Mereka disiapkan menjadi pelopor sadar Pemilu 2018 sehingga dibekali dengan pengetahuan tentang pemilu, tahapan-tahapan Pemilu, syarat-syarat menjadi pemilih, persyaratan memilih, daftar bakal pasangan calon yang akan maju dalam perhelatan pemilu bupati dan wakil bupati 2018 hingga teknis pemungutan suara,” terang Pinardi, Kasubag Hupmas dan Teknis KPU Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, narasumber sosialisasi, Arif Afandy, berharap, dari forum ini, para generasi muda khususnya calon pemilih pemula dapat memahami peran mereka dalam rangka menyukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati Bojonegoro 2018.

“Peranan para pemuda sebagai pemilih pemula tidak hanya berhenti di dalam partisipasi individu namun juga harus dimaksimalkan dalam partisipasi sosial,” tutur Arif Afandy, yang juga Kasubag Program dan Data KPU Kabupaten Bojonegoro.

Ia menjelaskan bahwa partisipasi individu, misalnya, pemilih pemula aktif melakukan pengecekan daftar pemilih dan memastikan namanya terdaftar di daftar pemilih. Selain itu juga bisa dengan melakukan pemantauan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sedangkan partisipasi sosial diantaranya adalah pemilih pemula ikut aktif mensosialisasikan tahapan Pemilu, memberikan kabar informasi kepada teman dan keluarga terdekat.

“Selain itu juga aktif memberikan informasi melalui media sosial segala sesuatu yang berkaitan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018,” pungkasnya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!