Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Sosialisasi Pemilu 2018, KPU Gelar Simulasi TPS

 

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Persiapan menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro, puluhan pelajar dari SMA/ MA dan SMK se-wilayah Kota Bojonegoro tampak antusias mengikuti rentetan simulasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kamis siang, sekira pukul 11.00 WIB, bertempat di aula lantai dua, KPU Kabupaten Bojonegoro melaksanakan simulasi TPS bagi pelajar SMA/ MA dan SMK. Simulasi ini merupakan rangkaian dalam acara sosialisasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bojonegoro 2018 yang digelar untuk pemilih pemula.

Fistian Prajayanti, pemandu dalam acara simulasi tersebut menyampaikan bahwa simulasi ini bertujuan untuk memahamkan para pelajar tentang mekanisme pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018.

“Denah lokasi TPS beserta perangkat didalamnya, didasarkan pada ketentuan yang telah diatur di dalam panduan KPPS,” ujar Fistian Prajayanti, Kamis (01/02/2018).

Ia menjelaskan bahwa di dalam TPS ini ada 7 KPPS yang masing-masing memiliki tugas berbeda. Selain itu juga terdapat saksi sesuai jumlah calon dan saksi dari TPS itu sendiri.

“Kemudian terdapat juga Linmas yang bertugas mengamankan prosesi pemilihan di TPS tersebut,” tuturnya.

Puluhan pelajar tampak dengan sangat antusias memainkan peran dalam simulasi tersebut. Ada dari mereka menjadi penyelenggara pemilihan (KPPS) ada juga yang menjadi pemilih. Dalam simulasi tersebut pelajar yang mayoritas adalah pemilih pemula tersebut diminta menunjukkan KTP elektronik sebagaimana layaknya seorang pemilih yang datang ke TPS untuk melakukan pemilihan.

Selanjutnya mereka masuk ke bilik suara melaksanakan pemilihan secara rahasia hingga membubuhi jari tangan dengan tanda tinta layaknya telah memilih. (lyn)

 

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!