Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Menuju Pilbup 2018, KPU Gelar Sosialisasi untuk Pemilih Pemula

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Bojonegoro menggelar acara sosialisasi untuk pemilih pemula, Kamis (01/02/2018).

Sekira pukul 09.00 WIB, bertempat di aula lantai dua kantor KPU Kabupaten Bojonegoro digelar acara sosialisasi untuk pemilih pemula. Acara dibuka oleh Sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro, Moh. Sapiq. Dan dihadiri oleh pelajar SMA/ Sederajat di wilayah Kota Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Moh. Sapiq menyampaikan bahwa sosialisasi untuk pemilih pemula tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya pemilu bagi generasi muda, khususnya calon pemilih pemula yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2018.

“Pemilu adalah pesta demokrasi yang penting bagi seluruh rakyat, termasuk bagi pemuda sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dalam menentukan pemimpin secara konstitusional,” terang Moh. Sapiq, Sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro, Kamis (01/02/2018).

Hadir sebagai narasumber acara tersebut adalah Kasubag Perencanaan dan Data, Arif Affandy. Ia menyampaikan bahwa pemilu ini menjadi penting bagi pemilih pemula dikarenakan pemilih pemula, yang didominasi oleh kaum remaja atau pemuda yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, atau pekerja muda sangat strategis.

“Pemilih pemula adalah mereka yang baru memasuki usia pemilih (17 tahun) atau baru pertama kali menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu. Biasanya terdiri dari pelajar, mahasiswa, atau pekerja muda,” jelas Arif Afandy.

Arif menjelaskan bahwa karakteristik permilih pemula ini harus diperhatikan sebagai bahan dalam mengoptimalkan partisipasi pemilih pemula. Mulai dari karakter kritis dan mandiri, apatis, buta politik, memiliki rasa ingin tahu dan antusiasme yang tinggi hingga karakter yang menuntut perubahan.

“Pemilih pemula ini jumlahnya sangat banyak, dan mereka juga turut memegang peranan penting dalam penentuan pemilihan,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab, simulasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Khayangan Api. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!