Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Laksanakan Putusan MK, KPU Verifikasi Ulang 15 Parpol Peserta Pemilu 2019

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan verifikasi faktual (verfak) ulang partai politik calon peserta pemilu 2019, Selasa (30/01/2018).

Sekira pukul 09.00 WIB, KPU Kabupaten Bojonegoro melaksanakan verifikasi faktual ulang partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019. Verifikasi faktual tersebut dilaksanakan kepada 15 parpol yang terdiri dari partai baru dan partai lama peserta pemilu 2014.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munib menyampaikan bahwa verifikasi faktual ulang ini sesuai PKPU nomor 6 tahun 2018 dalam pelaksanaan putusan MK. Dimana diamanatkan bahwa partai politik calon peserta pemilu 2019 harus diverifikasi ulang.

“KPU melaksanakan putusan MK, dimana baik parpol baru maupun parpol yang telah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2014 tetap harus menjalani verifikasi faktual untuk lolos sebagai peserta Pemilu 2019,” ungkap M. Abdim Munib, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/01/2018).

Munib menjelaskan bahwa berbeda dari ketentuan sebelumnya, sesuai amanat PKPU nomor 6 Tahun 2018, untuk verifikasi faktual ulang ini dilaksanakan di kantor partai politik tingkat Kabupaten. Dalam hal ini partai politik diberikan keleluasaan untuk mendatangkan anggota partai sesuai yang dipersyaratkan dalam ketentuan.

“Yang diverifikasi adalah mengenai keberadaan/ domisili kantor, administrasi kantor, struktur Ketua-Sekretaris-Bendahara (KSB) partai, keterwakilan perempuan dan keanggotaan partai sesuai SIPOL,” jelasnya.

Data yang diperoleh dari Sekretariat KPU Kabupaten Bojonegoro menyebutkan bahwa verifikasi faktual ini berlangsung selama dua hari, Selasa-Kamis, 30 Januari-01 Februari 2018. Dengan total ada 15 parpol yang akan diverifikasi, yaitu Partai Nasdem, PKS, PKB, Gerindra, PPP, dan PDI-P diverifikasi hari ini, Selasa.

Sedangkan untuk Rabu dan kamis besok, dijadwalkan adalah Demokrat, PKPI, Golkar, PBB, Hanura, PAN, Perindo, PSI dan Berkarya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!