Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Untuk Pilkada 2018 Guyub Rukun, KPU Jatim Tandatangani Komitmen Bersama Stakeholder

Surabaya, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –   Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menandatangani komitmen bersama sinergitas Polri, TNI, Pemprov, KPU, Bawaslu dan Kejati Jawa Timur, untuk menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang Guyub Rukun dalam memilih pemimpin yang bermartabat di Jawa Timur, Senin (22/01/2018).

Dalam rapat koordinasi (rakor) pengamanan Pilkada Jatim Serentak 2018 yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur di Hotel Wyndham, jalan Basuki Rahmat Surabaya. Hadir dalam Rakor juga terdapat 233 orang jajaran Polda Jawa Timur, diantaranya terdapat Dir Intelkam Polda Jatim, Kabag OPS dan Kasat Intel Polrestabes/Polresta/Polres jajaran Polda Jatim, serta dari jajaran TNI.

Usai penandatanganan komitmen bersama, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito berharap dengan adanya rakor ini, seluruh stakeholder terkait, yakni Polri, TNI, Pemprov, KPU, Bawaslu dan Kejati Jawa Timur bisa berkoordinasi dengan baik.

“Baik itu koordinasi dengan jajaran Polri dan TNI, serta Bawaslu Jatim. Sehingga pelaksanaan Pilkada Jatim dapat berjalan dengan lancar dan aman,” jelas Eko.

Komitmen yang ditandatangani tersebut berisi lima hal yang harus dijaga dalam memilih pemimpin yang bermartabat di Jawa Timur. Pertama, saling memberikan informasi tentang tahpan, program dan jadwal terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Timur. Kedua, melaksanakan koorfinasi antara aparat Gakkumdu, sehingga ada persamaan persepsi dalam menyikapi setiap permasalahan.

Ketiga, melaksanakan koordinasi dalam pelaksanaan pengamanan di setiap tahapan huna menjamin situasi Pilkada yang kondusif. Keempat, melakukan sosialisasi secara bersama-sama tentang tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Jawa Timur. Kelima, melakukan koordinasi dalam pendistribusian dan pengamanan logistik pilkada sampai tahapan pilkada selesai.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Polisi, Machfud Arifin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakor ini sekaligus juga membahas tentang kesiapan masing masing Kasatwil dalam menyikapi Pilkada Serentak di Jatim. Dia memerintahkan anggota jajaran lainnya agar terus meningkatkan kewaspadaan dalam hal yang berkaitan dengan pengamanan. Terlebih dengan kondisi geografis di Jatim, dan terutama 18 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilbup/ Pilawali dengan tingkat kerawanan yang berbeda-beda.

“Yang pasti untuk personel akan disiapkan sepertiga kekuatan, dalam pengamanan Pilkada Jatim 2018 ini,” terangnya.

Dalam hal yang berkaitan dengan potensi konflik. Kapolda mengapresiasi atas  kematangan berpolitik masyarakat Jatim, cukup diacungi jempol karena sejauh ini situasi aman terkendali. Menurutnya, di Jatim kerukunan dan keguyuban bisa dirasakan oleh setiap warganya. “Sejauh ini tercipta kondisi yang aman dan kondusif. Mudah-mudahan sampai nanti selesainya Pilkada juga kondisinya sama,” harapnya. (lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!