Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Masuki Tahap Pemutakhiran Data Pemilih, KPU RI Gelar Bimtek Mantapkan SIDALIH

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Dalam rangka persiapan tahapan pemutakhiran data pemilih untuk pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018, KPU RI menyelenggarakan bimbingan teknis Pemantapan Sistem Informasi Daftar Pemilih (SIDALIH) Pemilihan Serentak Tahun 2018.

Bertempat di auditorium kantor Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Jakarta Selatan, bimtek dilaksanakan tiga gelombang. Termasuk KPU Kabupaten Bojonegoro yang juga menjadi peserta dalam bimtek geombang I, Rabu (03/01/2018) kemarin.

Arif Affandy, Kasubag Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Bojonegoro, sepulang dari bimtek menyampaikan bahwa bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan tahapan pemutakhiran data pemilih untuk pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018.

“Bimtek untuk pemantapan penggunaan Sistem Informasi Daftar Pemilih (SIDALIH) pada Pemilihan Serentak 2018,” ujar Arif Affandy, Kamis (04/01/2018).

Arif menyampaikan bahwa ada beberapa pesan-pesan singkat yang disampaikan oleh Komisioner KPU RI dalam kegiatan bimtek tersebut. Diantaranya, adalah KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota harus membuat perencanaan pemutakhiran data pemilih secara matang dan membuat target pencapaian angka partisipasi pemilih dengan keakuratan DPT.

“Selain itu, teknis dalam pemilihan PPDP harus benar-benar sesuai dengan aturan dan bertanggungjawab. Serta dalam hal pemilihan PPDP, PPDP terpilih harus mampu bekerja secara Komprehensif, sehingga semua WNI yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih harus terdata di DPT,” terangnya.

Selain poin-poin tersebut, Arif menambahkan, ada dua hal yang juga harus diperhatikan, yakni hal-hal yang mencakup sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis keluarga dalam bentuk karikatural yang akan disampaikan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Termasuk dengan memberikan kemudahan akses untuk pemilih dengan kebutuhan khusus (disabilitas) dengan baik,” pungkasnya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!