Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Rakor Teknis, KPU Harus Tingkatkan Kedisiplinan Penyelenggaraan Pemilu

Jakarta,  kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Komisi Pemilihan Umum RI Menggelar acara Rapat Koordinasi Teknis Pemilihan Tahun 2018, Rabu (20/12/2017). Rakor tersebut dalam rangka persiapan pelaksanaan Tahapan Pencalonan dan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2018.

Bertempat di Hotel Swiss Bell Jakarta, acara rakor tersebut membincang soal sub tahapan pendaftaran, penelitian syarat pencalonan dan syarat calon, penelitian dokumen dukungan perbaikan pasangan calon perseorangan, serta tahapan pemungutan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Tahun 2018.

Ketua KPU RI, Arief Budiman membuka acara Rakor tersebut dan berpesan bahwa Pemilu sudah semakin dekat, rentetan waktu antara irisan tahapan Pilkada dengan irisan tahapan Pemilu 2019, verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu, membuat KPU harus memberikan contoh untuk tepat waktu dalam segala kegiatan, karena dengan tepat waktu semua tahapan pemilu bisa berjalan dengan lebih  baik.

“Jadwal tahapan pemilihan sudah mulai ketat, sehingga kedisiplinan dalam melaksanakan tugas menjadi kewajiban bagi kita sebagai penyelenggara. On time dalam setiap kegiatan itu salah satu kebiasaan positif yang harus ditingkatkan,” ungkap Arief Budiman, Ketua KPU RI, Rabu (20/12/2017).

Arief menjelaskan bahwa setiap keputusan yang diambil dalam penyelenggaraan Pemilu ini sangat menentukan nasib bangsa. KPU dituntut untuk dapat bekerja secara sempurna. Ditengah keterbatasan fasilitas, KPU harus tetap mempertahankan integritas dan profesionalitas.

“Mulai munculnya berbagai persoalan, KPU RI berharap masukan dan pandangan dari setiap daerah. Disamping itu, kebijakan dan regulasi yang kami terbitkan harus dapat dilaksanakan secara baik di setiap daerah, begitu juga dengan ada kondisi-kondisi tertentu yang terjadidi daerah, KPU RI harus  tahu,” tuturnya.
Sedangkan untuk untuk menghadapi tahapan terdekat, KPU sudah mempersiapkan beberapa instrumen. Salah satunya adalah kesiapan Pedoman Pemeriksaan Kesehatan, KPU sudah bertemu dengan IDI, BNN dan HIMPSi membicarakan soal ini,” pungkasnya.
Acara rakor dihadiri oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Kasubag Hupmas Teknis delegasi KPU Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota, serta operator Sistem Informasi Pencalonan (SILON) KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang bertugas memproses kegiatan Pencalonan.
Diawali di hari pertama dengan materi Overview Tahapan Teknis  Pilkada 2018 pelaksanaan Tahun 2018 dan tahapan Teknis Pemilu 2019 serta sosialisasi petunjuk Teknis standar Pemeriksaan kesehatan Pilkada 2017. Kemudian pada Hari Kedua dan ketiga peserta dibagi menjadi 5 (lima) kelas, kelas A adalah materi Persiapan tahapan pendaftaran dan penelitian syarat pencalonan dan syarat calon, Kelas B Penjelasan perubahan Substansi Tungsura dan Rekap Pilkada 2018, Kelas C  Pengelolaan Data Teknis Pilkada 2018 ( SILON dan SITUNG), Kelas D dan kelas E Pendalaman SILON tahapan pendaftaran, penelitian, dan perbaikan dukungan. (lyn)

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!