Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Jelang Verifikasi Faktual, KPU Gelar Pengundian Nomor Awal Pencuplikan Jumlah Anggota

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. – Menjelang masa verifikasi faktual anggota partai politik calon peserta pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menggelar acara sosialisasi dan pengundian nomor awal pencuplikan jumlah anggota, Minggu (17/12/2017).

Sekira pukul 13.00 WIB, KPU Kabupaten Bojonegoro mengundang partai politik calon peserta Pemilu 2019 yang telah lolos administrasi. Hanya ada dua partai politik calon peserta pemilu 2019 yang diundi untuk dilakukan verifikasi faktual.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munib, menyampaikan, bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, verifikasi tak wajib dilakukan terhadap Parpol yang pernah dilakukan pemeriksaan.

“Hal itu juga dikuatkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 11 Tahun 2017, dimana verifikasi faktual hanya wajib dilakukan kepada Parpol yang baru terbentuk dan hendak mengikuti pemilu mendatang,” jelas Munib, Minggu (17/12/2017).

Dua partai yang diundi untuk diverifikasi tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Kedua partai tersebut diundi untuk diverifikasi faktual. Nomor yang diperoleh dari hasil undian tersebut, akan menentukan interval dalam pencuplikan jumlah anggota partai politik yang akan diverifikasi.

“Setelah diundi, PSI memperoleh angka kelipatan 1 sedangkan Perindo memperoleh angka kelipatan 7. Nomor ini akan menentukan interval untuk kemudian digunakan dalam mengambil sample acak di dalam SIPOL,” terang Munib.

Hadir dalam acara pengundian tersebut  Pimpinan beserta Penghubung Partai (LO) PSI dan Perindo, jajaran Komisioner dan Sekretariat KPU Kabupaten Bojonegoro, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bojonegoro. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!