Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Ratna Dewi Pettalolo : Berharap Hasil Pemilihan Berakhir di Pleno KPU

Madiun kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo berharap hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota berahir di keputusan pleno KPU.

Untuk mewujudkan hasil penyelenggaraan supaya tidak berlanjut dalam persidangan, maka dibutuhkan sinergitas kerja sesama penyelenggara Pemilu KPU-Bawaslu beserta jajarannya.

“Ketika dua institusi KPU-Bawaslu bertemu dan bisa duduk bersama, ini pertanda baik. Kedua lembaga ini yang memiliki otoritas suksesnya penyelenggaraan Pemilu,” kata Ratna Dewi Pettalolo, Bawaslu RI, saat Rapat Koordinasi Bawaslu dan Panwaslu kabupaten/kota dengan KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota Se-Jawa Timur, 15-17 Desember 2017 di Hotel Merdeka Madiun.

Ditambahkan, KPU dan jajaranya dalam melaksanakan tahapan pemilihan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Demikian juga dengan bawaslu dan jajaranya harus melakukan pengawasan sedini mungkin. “Pengawas jangan menunggu ada pelanggaran, tapi harus aktif untuk mencegah,” jelasnya, Sabtu (16/12/2017).

Dijelaskan, kegiatan Pengawas Pemilu meliputi kegiatan mengamati dan mencatat hasil amatan, melakukan mengkaji, memeriksa kesesuaian aturan, dan menilai benar atau tidaknya proses yang sudah berjalan.

“Semakin baik kerja personal penyelenggara, maka akan semakin baik kerja institusi. Karena tugas mengawasi tidak bermaksud untuk mencari kesalahan, melainkan penyeimbangkan atas besarnya kewenangan besar yang dimiliki KPU,” jelasnya. (rin)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!