Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Inspektur KPU RI : Namanya Titipan, Wajib Dipertanggung Jawabkan

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Pada sesi materi bimtek pengelolaan dan laporan pertanggung jawaban dana hibah Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta Pilkada Serentak tahun 2018,  Inspektur KPU RI, Adiwijaya Bakti mengingatkan seluruh pejabat pengelola keuangan di Lingkungan KPU agar selalu mengelola serta mempertanggung jawabkan titipan dana hibah dengan amanah.

“Yang menentukan baik tidaknya itu kita semua. Kami hanya menilai, dan mendorong supaya lebih baik. Dan saya yakin, ini bukan pertemuan pertama paling tidak tahun lalu dengan Ketua BPK RI. Apa yang saya sampaikan hanya mengingatkan apa yang Njenengan sudah ketahui,” ujar Adiwijaya Bakti, Inspektur KPU RI.

Adi menyampaikan, bahwa pada dasarnya pengelolaan keuangan lembaga KPU sebagai instansi wajib berakuntabilitas. KPU adalah penerima amanah untuk menjalankan suatu fungsi dalam hal penegakkan demokrasi, yaitu memfasilitasi legislatif dan eksekutif.

“Untuk itu kita diberi kewenangan teknis dan sumber daya baik uang ataupun orang. Namun perlu diingat, karena namanya titipan maka wajib dipertanggung jawabkan ke pemberi amanah,” tuturnya saat memberi materi, Jum’at (08/12/2017).

Adi menjelaskan bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara yang menyelenggarakan pemilihan langsung dalam 3 level eksekutif dan legislatif dengan tingkat partisipasi rata rata 75%. Hal ini didukung dengan baiknya bentuk pertanggung jawaban secara umum. Akuntabilitas kita telag mendapat apresiasi tidak hanya dari Indonesia, namun juga internasional.

“Konsep akuntabilitas dapat dipahami sebagai kewajiban memberikan penjelasan atas suatu transaksi. Disini, setiap transaksi harus bisa kita jawab, ada kinerja, ada asas moralitas dan amanah publik,” tegasnya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!