Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

Berharap Pilkada Kondusif, KPU Beri Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menggelar acara penyuluhan dan sosialisasi produk hukum terkait dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018, Kamis (07/12/2017).

Sekira pukul 10.00 WIB, bertempat di ruang pertemuan lantai II KPU Kabupaten Bojonegoro, di Jalan KH. Moh. Rosyid Bojonegoro, acara sosialisasi produk hukum Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018 resmi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munib.

Acara dihadiri belasan pimpinan partai politik menghadiri acara penyuluhan dan sosialisasi tersebut. Selain itu, sosialisasi tersebut juga dihadiri jajaran Forum pimpinan Daerah (Forpimda), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu),  tokoh masyarakat, tokoh agama, dan unsur perguruan tinggi.

“Penyuluhan ini dalam rangka menyamakan pemahaman tentang norma standar dan prosedur dalam pemilihan bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur 2018,” ungkap M. Abdim Munib, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Kamis (07/12/2017).

Munib menjelaskan, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2017 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Sosialisasi ini diantaranya akan menyampaikan tentang PKPU RI Nomor 15 Tahun 2016 dan PKPU Nomor 12 Tahun 2015,” ujarnya dalam sambutan membuka acara penyuluhan dan sosialisasi tersebut.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 15 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2015 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Sedangkan PKPU Nomor 12 Tahun 2015 tentang Perubahan PKPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Harapannya adanya kejelasan prosedur dalam proses yeng berlangsung dapat dipahami baik oleh penyelenggara, panwas, peserta pemilu maupun masyarakat luas, sehingga pelaksanaan Pilkada Bojonegoro dapat berjalan lebih sukses dan berlangsung kondusif,” pungkasnya.

Hadir narasumber dalam acara tersebut, Komisioner Fatkhur Rohman selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan, Kasubag Hukum Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Ira Wadja Zulaikha, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro serta Komandan Kodim 0813 Letkol Arh Redinal Dewanto. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!