Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website KPU Bojonegoro

KPU Jawa Timur Adakan Bimtek Pemutakhiran Daftar Pemilih

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Komisi Pemilihan Umum Provinsi (KPU) Jawa Timur menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, Selasa-Rabu, 5-6 Desember 2017.

Bimtek dilaksanakan di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya selama dua hari. Diikuti oleh Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur dan utusan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur. Hadir sebagai narasumber adalah Ketua Bawaslu Jawa Timur, Mohammad Amin dan utusan Dirjen Dukcapil.

Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro, A. Khudlori, selaku Divisi Perencanaan dan Data menyampaikan bahwa acara tersebut dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi terkait daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

“Bimtek ini  dalam rangka menyamakan persepsi terkait daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018,” ujarnya, Selasa (05/12/2017)

Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah komponen utama dalam pemilu serentak. Pada wilayah Jawa Timur sendiri, memiliki sebanyak 68.084 orang petugas pemutakhiran data pemilih yang dulunya disebut istilah Pantarlih.

“DPT juga biasanya sebagai amunisi utama untuk mendukung penyelenggaraan, sehingga KPU harus sangat serius untuk tidak memberikan celah pada peserta agar semua bisa diwadahi oleh DPT,” ujar Choirul Anam, Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur.

Anam menerangkan, kedepan perkiraan pada tanggal 19 Desember 2017 akan dilakukan proses rekruitmen PPDP sebanyak 68.084 orang. Data dan daftar pemilih yang telah dimutakhirkan di tingkat pusat dan KPU nanti, akan diberikan ke PPDP untuk ditindaklanjuti dengan mengecek ke lapangan terkait dengan data pemilih.

“Domisili, umur, pemilih yang meninggal dunia dan lainnya, termasuk pemilih baru yang belum terdaftar akan didata langsung oleh petugas PPDP,” pungkasnya. (lyn)

 

KPU BOJONEGORO

Jl. K.H.R. Moch. Rosyid No. 93 Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

(0353) 891760

kpubojonegoro@gmail.com

Facebook KPU Bojonegoro

Kontak Kami

Click to listen highlighted text!