Ketua KPU RI : Penyelenggara Pemilu Harus Transparan dan Berintegritas

Bojonegoro, kab-bojonegoro.kpu.go.id. –  Hadir di acara launching tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro 2018, Ketua KPU RI Arief Budiman mengingatkan kepada para penyelenggara pemilu untuk senantiasa menjaga keterbukaan dan integritas dalam melaksanakan tugas, Jum’at (01/12/2017).

“Saya ingatkan kembali, pentingnya penyelenggara pemilu bersikap transparan untuk semua hal,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman kepada media KPU Kabupaten Bojonegoro, usai acara launching KPU kabupaten Bojonegoro, Jum’at malam.

Transparan itu, kata dia, termasuk transparansi angggaran, verifikasi pasangan calon, penetapan pasangan calon hingga pemungutan dan penghitungan suara. Semua tahapan harus diselenggarakan dengan terbuka dan dapat diakses publik.

“Yang paling penting, penyelenggara bekerja secara parisal independent dan berintegritas,” pesan Arief.

Artinya, ia menjelaskan, kalau regulasi ini A maka harus dikerjakan A, jangan dikerjakan B. Kalau dua hal itu dijaga dengan baik, peserta pemilu akan percaya. Bukan hanya soal percaya kepada penyelenggara tetapi juga percaya pada proses.

“Dengan begitu memaknai pemilu tidak hanya benar secara prosedural, akan tetapi juga benar secara substansial,” tandasnya. (lyn)

 

0 Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register